Alun-Alun Purworejo, Wajah Baru Yang Kekinian


Purworejo sedang membangun, itulah yang terlintas di benak kami ketika mengunjungi Kabupaten Purworejo.Kabupaten yang terkenal dengan durian dan kambing etawa ini memiliki alun-alun terluas di Jawa Tengah.Sekedar kita tahu alun-alun adalah lanskap tata kota yang sering dijumpai di kota-kota di Indonesia.Terdiri dari lapangan berumput yang luas.Disekeliling alun-alun terdapat Masjid Besar,Gereja hingga kantor pemerintahan.Ciri khas lain dari alun-alun yang ada di kota-kota di Jawa adanya dua pohon beringin di tengah-tengah alun-alun.Langsung saja kami berkeliling menjelajah alun-alun Purworejo.


Seperti yang kami tulis diatas revitalisai alun-alun kebanggaan masyarakat Purworejo ini masih dalam tahap pembangunan.Tapi hasilnya sudah mulai terlihat.Alun-alun terlihat lebih kekinian dan penuh warna warni.Difungsikan sebagai ruang publik terdapat fasilitas - fasilitas penunjang seperti area bermain untuk anak-anak.,ada juga area untuk jogging track.


Setiap sisi alun-alun Purworejo terdapat ornamen-ornamen yang melambangkan ciri khas Purworejo.Seperti patung durian,buah manggis,hingga makanan khas clorot.Bagi yang belum tahu, clorot adalah sejenis kue khas Purworejo yang terbuat dari tepung beras yang dibungkus dengan janur atau daun kelapa.





Jika pembangunan alun-alun Purworejo benar-benar sudah selesai,wajah baru alun-alun menjadi menarik.Mungkin juga menjadi salah satu alun-alun terkeren di Jawa Tengah.Ayok kapan lagi kalian menjelajah alun-alun Purworejo dengan wajah barunya.
Foto/Teks : Djawani

Komentar

  1. Bagus nih alun-alun Purworejo untuk tempat rekreasi alternative yang murah meriah, banyak spot foto kekiniannya juga

    BalasHapus
  2. Akan lebih bagus, aman dan nyaman kalau kabel lampion serangga dibenahi shg tdk mambahayakan pengunjung, terutama anak balita senang bermain kabel listrik yg berserakan ditanah.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Icip-Icip Bakso Cak Athok Purworejo

Rescue Reptile Borobudur, Tempat Mengenal Lebih Dekat Hewan Reptil

PANTAI MENGANTI, JEMBATAN MERAH YANG JADI ANDALAN